Selasa, 20 Oktober 2015

August : A Myriad of Blessings in Disguise

Orang bilang seharusnya ulang tahun itu kita sebaiknya bahagia, dikasih ucapan yang baik baik, kado, dan kue-kue. Holycow aja ngasih makan gratis buat yang makan di sana pas hari ulang tahun, bodyshop aja dulu masih ngasi free gift tiap bulannya buat member yang ulang tahun, dan berbagai hal hal yang nyenengin waktu kita ulang tahun. Tapi rasanya hal-hal diatas bener bener ga saya alami di bulan ulang tahun saya pada tahun 2015 ini.

Saya ulang tahun tanggal 1 Rabi’ul Awal 1412 H. Subhanallah tanggal muda ya ! haha canda canda 19 Agustus 1993 kalender bulannya, bisa dibilang itu tanggal yang spesial karena ulangtahunnya bareng ibu saya. Hohoho. Awal bulan agustus ini juga saya resmi hengkang dari dunia perkuliahan sarjana ITB alias unexpectedly bisa juga lulus kemaren, sebuah keajaiban seorang Hafshah Najma bisa lulus tepat waktu sebenarnya. Nah balik kenapa rasanya bulan Agustus yang biasanya ditunggu-tunggu ini menjadi bulan yang penuh dengan duka dan nestapa dan samsara rasanya.

Pertama, yakni pertama kalinya ngelamar kerja di ibukota dan meninggalkan Kota Bandung yang kata Pidi Baiq ini bukan cuma masalah geografis semata, tapi juga melibatkan perasaan. Mungkin gada anak rantau yang bisa ninggalin Bandung tanpa perasaan sedih bercampur haru karena walaupun dengan macet dan angkotnya yang ugal-ugalan, Bandung itu tetep kota yang ngangenin apalagi kalo inget semua temen-temen dan saat-saat kuliah di Bandung.

Kedua, hmhm jadi tiba tiba saya batal gitu magang di sebuah NGO yang lumayan banget lah ceritanya kalo bisa punya pengalaman magang di sana. Padahal padahal yah, itu ceritanya tinggal sedikiit lagi tahapnya tapi ketika saya udah  bilang bersedia  tiba tiba saya diberi email kalau untuk beberapa pertimbangan sepertinya kerjasama tidak bisa diteruskan dan mungkin di lain kesempatan semoga da kesempatan lagi. Hiks ! sedih banget .. jadi ceritanya sebelum saya kerja di ATR (hari sebelumnya saya wawancara ke dua kementerian di Jakarta) saya pengen nyoba magang dulu di NGO itu gimana.. kan lumayan pengalaman magang di konsultan pernah, ngo pernah, terus pemerintah pernah .. hahaha kemaruk ya tapi kaya pengen tau aja bedanya gimana, dan begitu dapet email di pagi hari tersebut saya bener bener langsung sedih gituuu, padahal udah siap siap baju dan koper buat ke Tarakan, Probolinggo sama Semarang selama dua minggu.Oh ya jadi proyeknya tuh bener bener sesuai dengan yang saya suka dan masih gajauh dari TA saya, dan yang paling saya suka adalah bisa jalan jalan ke Tarakan (kota paling utara Indonesia !), Semarang dan Probolinggo sendiriiiian selama 9 hari , seru kan ya haha pokoknya saya masih gondok berapa hari setelah email sepihak itu huhuhu… akhirnya saya mempercepat kerja saya di kementrian ATR jadi mulai tanggal 18 Agustus padahal saya udah ngeplot mulai tanggal awal September (soalnya udah bilang ya buat  magang di NGO sampai akhir agustus)

Ketiga, hiks baru tiga hari resmi kerjaa saya dapat berita kalau ibu saya kecelakaan which is hanya selang sehari dari ulang tahun kita. Sedih banget,, mana kan kalau pakai bpjs gitu susah dapet kamar di rumah sakit di Jogja. Akhirnya begitu kamis saya denger kabar, saya langsung izin  dan memecahkan rekor pegawe kontrak tercepat yang minta izin kerja hahahah. Jumat pagi saya ke Gambir setelah sekian lama ga kesana (saya gasuka pakai kereta selama ini) dan dapetlah tiket kereta yang sisa dan cukup mahal buat golongan tiket ekonomi. Sampai di Jogja saya langsung ke rumah sakit. Yah … dan saya balik Jakarta hari selasa malam depannya. Sedihnya adalah saudara-saudara dan ayah saya kerjanya lagi di luar Jogja semua. Ayah saya di Cirebon bolak balik Jakarta, Mas Hafizh di Surabaya, Mas Haikal hari seninnya diklat prajab di Bogor, dan saya anak ingusan di Jakarta. Yang ada di rumah cuma adek saya dan om saya, satu tante saya dari Depok dari kamis udah langsung ke Jogja buat ngerawat ibu saya (gini nih susahnya kalo di rumah ga ada anak cewe). Di Jogja saya cuma bolak balik rumah sakit sama rumah sendiri. Di rumah sakit nungguin ibu dan di rumah bersih-bersih rumah (ini nih deritanya kalo jadi anak cewe sendiri dan orangtua gabolehin pake pembantu), beberapa hari sampai saya pulang ke Jakarta aja saya lebih sering tidur malem di rumah sakit, dan karena kelas 1 penuh terpaksa nunggu di kelas 2 yang cuma disediain kursi buat yang nunggu pasien. Jadilah tiap malem saya gentian jaga sama sodara-sodara dan tidur beralaskan karpet di kamar rumah sakit Panti Rapih. Pokoknya baju udah gembel gitu daah soalnya rencana pulang minggu sore ditunda karena gatega .. untung baju adek masih bisa dipake walau jatuhnya pake kaosnya aja udah berasa daster. 


Minggu malem, tante saya pulang. Senin malemnya, ayah saya berangkat ke Cirebon, mas hafizh balik ke Surabaya sama mas Haikal berangkat ke Bogor. Udah deh, ibu saya tambah aja sedih kan tuh kalo anak anaknya mencar lagi padahal masih sakit, yang bikin saya nunda kepulangangan jadi selasa… itupun karena permintaan ibu saya. Tapi sebisa mungkin sebelum selasa malam saya selalu di rumah sakit, pulang cuma buat bersih-bersih. Selasa malam, setelah tante saya yang dari Surabaya nyampe Jogja, saya pamit ibu saya dan berangkat ke Stasiun Tugu. Paling ga saya udah tenang ibu saya ada yang jaga…

Rabu subuh saya berangkat kerja lagi seperti biasa, dan weekendnya., seperti yang udah direncanakan saya balik ke Bandung ke kosan Budhe saya buat beres beres barang-barang terakhir. Saya gaenak kalo ninggalin barang-barang yang budhe saya harus bersihin sendiri karena pasti kamarnya mau dipake juga, lagipula bayaran kos saya yang terakhir cuma sampai agustus.. hari minggu terakhir di Bandung itu saya ngurusin pindahan barang-barang dari Bandung buat ke Jogja sama Jakarta. Buat ke Jogja pakai dua kardus besaar dan satu motor kalau ke Jakarta seadanya aja lah. Minggu sore saya pamit ke Budhe dan sekeluarga, pamitan yang terakhir kali soalnya habis ini barang-barang saya udah habis di Bandung, dan kosan resmi pindah ke Jakarta. Hari minggu itu saya ngobrol lama ama budhe, selain karena udah dua minggu ga ketemu, budhe saya pasti mau nanya nanya tentang kondisi ibu saya. 

Sebenernya saya udah lama ga ketemu Budhe, tapi yang saya lihat ada yang beda aja dari Budhe saya, kelihatan lebih cerah dan seger.. dan lebih cantik dari biasanya. Habis saya kirim paket ke Jogja saya balik dan ke travel dianterin sepupu saya. Saya pamit seperti biasa, “Iya nduk, sukses ya di Jakarta”. Dan udah .. saya nutup kaca mobil dan berlalu karena juga panik telat travel.

Semuanya berjalan normal ,sampai hari selasanya saya dapat kabar kalau budhe saya meninggal dunia. Selasa siang di ruang tv sewaktu budhe sedang masak ikan masakan kesukaan pakdhe saya soalnya besoknya ulang tahun pakdhe. Rasanya bener-bener ngga bisa percaya dan bingung harus percaya apa enggak. Karena baru dua hari yang lalu saya pamitan dan ngobrol lama dengan budhe saya. Saya langsung izin lagi sama bos di kantor buat besok datang siang karena saya pengen nganterin budhe saya buat terakhir kalinya. Selasa sore pulang kantor saya langsung pesen travel dan sampai di Bandung jam 10 malam, naik angkot langsung ke kosan saya dulu dan ngeliat orang-orang lalu lalang pakai baju hitam. Saya bener-bener gangerti, kenapa rumah yang dua hari yang lalu saya lihat masih seperti biasa sekarang bisa begini berbeda. Ada tumpukan bunga-bunga buat pusara, karangan bunga, dan yang paling gabisa saya percaya adalah jenazah budhe saya yang sudah dimandikan dibaringkan di ruang keluarga, terbujur kaku dan ngebuat saya ngilu.. Siapa yang didalam kafan ini? Bahkan untuk melihat budhe saya untuk terakhir kali saya bener bener gatega. Pakdhe saya yang stroke ada di kamarnya dan waktu saya menghampiri  beliau pakdhe saya bilang “Maafin budhe ya Najma, kalau selama ini ada kesalahan-kesalahan,” dengan terpatah-patah karena penyakit pakdhe.

Saya masih gapercaya dan bener bener takut buat tidur sendirian malemnya. Besoknyapun saya datang ke pemakaman masih ga percaya budhe saya berpulang setelah dua hari saya pamitan. Pulang dari pemakaman sepupu saya yang anak tertua budhe saya juga bilang ke saya, “Maafin kesalahan budhe ya najma, kamu bener bener yang terakhir ya yang dirawat budhe?”…

Memang selama ini banyak saudara yang nitipin anaknya ke budhe saya karena banyak saudara saya yang di ITB atau Unpad. Mas wulung, mbak melur, mas razan, mbak dea, dek ndia, dan kemudian yang terakhir sampai saya lulus Agustus ini adalah saya. Budhe saya itu udah kayak ibu saya yang kedua, sewaktu saya sakit gejala thifus bulan ini budhe saya yang anterin ke dokter dan temenin cek darah, sewaktu saya pulang malam dan belum punya kunci gerbang depan budhe saya entah kenapa selalu bisa ngerasain kalau saya pulang dan bingung karena kekunci jam 12 malam, sewaktu saya sakit hari pertama, sewaktu saya kesusahan karena hape ilang, sabar banget ngajarin saya masak dan satu-satunya yang ngehibur saya waktu pie apple saya gagal, selalu ngajak saya kalau ada acara keluarga besar dari pihak budhe saya yang padahal ga deket dengan keluarga besar dari ayah atau ibu saya, dan ngehibur saya waktu saya galolos aplikasi S2. Seolah Tuhan memanggil budhe saya dengan pertimbangan diwaktu dimana budhe saya sudah selesai merawat saya dan saudara-saudara saya yang lain. “Rasanya budhe kamu dipanggil Allah tuh nunggu kamu dulu,” banyak yang bilang begitu sama saya.

Sampai saya sadar semua musibah yang datang bertubi-tubi ga cuma ke saya ini, tapi juga ke orang-orang terdekat saya sebenarnya menyadarkan kalo ternyata di luar beratnya cobaan dan musibah yang dihadapi, ini semua udah diatur Tuhan dan Tuhan pengen ngelihat sejauh mana kita bisa kembali berprasangka baik dengan rancangan-Nya. Setelah saya berusaha mikir dimana letak kasih sayang Tuhan dari semua kejadian ini,  Saya baru sadar, kalau saya jadi keterima di NGO tersebut pasti saya ga akan  bisa pulang ke Jogja buat nemenin ibu saya dan segera balik ke Bandung buat nganterin budhe saya terakhir kalinya. Kalau saja saya menyerah di tengah jalan waktu Juni kemaren dan nunda kelulusan di Oktober dan masih harus ngerjain TA sampai Oktober, saya belum tentu bisa tahan ngerjain TA dengan kondisi di Bandung tanpa budhe saya, dan pasti ngerasa gaenak untuk tinggal di kosan tanpa budhe saya. Walaupun di awal saya sempat mikir kalau mungkin aja ada yang salah sama keputusan saya buat kerja disini, karena rasanya cobaan tuh ada ajaa terus. Well well, mungkin bahkan lebih banyak lagi blessings in disguise yang saya gatau dan gasadar sudah Allah berikan sama saya. Mungkin emang bener kalo mengeluh tuh jangan keseringan sama manusia atau medsos, karena kalau mengeluh ke Tuhan lebih besar kemungkinan untuk mengetahui alasan di balik cara kerja tangan Tuhan yang membuat kita sadar betapa besar kasih sayang yang sudah diberikan. Mungkin bohong kalau saya bilang kepergian budhe saya bukan merupakan cobaan yang berat sampai sekarang, tapi pasti itu yang terbaik dan semua hal setelah ini akan menjadi lebih baik, wkwk mungkin gadalam waktu yang cepat (yah gapapa sih its jut a matter of time) everything will be okay. If its not, it’s not the end hahaha…


Sorry for the long post :”)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for comment !