Senin, 07 Mei 2012

Kenapa Harus Français?

Yap,mungkin teman teman bisa menduga isi post saya kali ini dari judul di atas. Post merangkap curhat ini ingin menuangkan sebuah pemikiran saya saja tentang hal hal yang membuat saya ingin sekali menguasai bahasa asing satu ini, kalau tidak menguasai setidaknya paham percakapan standar atau sehari-hari deh.


Mungkin banyak dari kita yang menganggap fasih berbahasa inggris saja sudah cukup untuk bekal meniti karir di masa depan, tetapi seiring dan sejalan dengan arus globalisasi, kemampuan berbahasa dan wawasan yang luas tentang budaya-budaya di negara lain merupakan suatu tuntutan. Tidak hanya dalam dunia kerja nanti, manfaat dari mempelajari bahasa asing selain bahasa inggris sebenarnya banyak sekali dan  bahkan dalam kesempatan-kesempatan tertentu tak bernilai harganya. Dalam hal ini, saya ingin mengemukakan apa saja sih kebihan bahasa prancis yang siapa tahu membuat teman teman sekalian ikutan tertarik untuk mempelajarinya. ヘ(^_^ヘ)

1.  Bahasa yang dipakai di seluruh dunia

Lebih dari 200 juta orang berbicara Bahasa Prancis di 5 benua. Bahasa Prancis adalah bahasa asing yang paling banyak dipelajari setelah bahasa Inggris dan bahasa kesembilan yang paling banyak dipergunakan di dunia.

memang tidak salah kalau menyebut bahasa inggris sebagai bahasa internasional, tetapi ternyata bahkan jika kita bepergian ke suatu tempat yang jauh dari kota besar di suatu negara asing, tidak semua dari penduduk setempat terbiasa menggunakan bahasa inggris. selain itu bahasa prancis merupakan bahasa resmi di 29 negara seperti Canada, Guyana, dan lain lain. Merupakan bahasa kedua di 7 negara, kebanyakan adalah negara-negara bekas jajahan Prancis seperti negara-negara di Afrika Barat. Tidak salah juga kalau menyebut bahasa prancis sebgai bahasa perjalanan karena sangat berguna ketika kita bepergian. 
  

2.  Bahasa untuk mencari kerja

Fasih berbahasa inggris sendiri saja sudah jadi nilai plus apalagi di tambah bahasa prancis? Dan faktanya Bahasa Prancis merupakan bahasa resmi PBB, Uni Eropa, UNESCO, NATO, Komite Olimpiade International, dan berbagai Lembaga Hukum Internasional. Bahasa Perancis juga merupakan bahasa yang digunakan di 3 kota (Strasbourg, Bruxel dan Luxembourg) tempat kedudukan institusi Eropa. Cocok nih buat teman teman yang mengambil jurusan Hubungan Internasional.
Selain itu, dengan menguasai bahasa prancis tentunya variansi pekerjaan semakin banyak. Contohnya, mungkin background kita arsitektur atau teknik elektro, tetapi dengan menguasai bahasa prancis kita bisa iseng-iseng melamar menjadi penerjemah. Buat mahasiswa yang galau ekonomi juga bisa menambah pendapatan dengan mengajar atau menulis lepas , tentunya kalau sudah memenuhi kualifikasi.

3.  Bahasa untuk mempelajari bahasa lain

Belajar Bahasa Prancis memudahkan untuk mempelajari bahasa lain, terutama yang berasal dari Bahasa Latin seperti Bahasa (Spanyol, Italia, Portugis atau Rumania) begitu juga Bahasa Inggris, karena lebih dari 50% kosa kata bahasa Inggris terkini merupakan serapan dari Bahasa Prancis.

Dulu teman saya pernah bilang, jangan belajar bahasa prancis dan inggris bersamaan karena pasti akan tercampur-campur grammarnya, tapi sebenarnya belajar bahasa prancis itu seperti sedikit-sedikit meraba bahasa inggris. Awal-awal saya belajar bahasa prancis, kebanyakan saya akan menghubung-hubungkan kata-kata dalam bahasa prancis ke bahasa inggris. contohnya, ketika ada kata langue (n.f) pasti kebanyakan dari kita berpikir bahwa ini bentuk awal dari kata language, atau ketika ada kata compendre (v.) kita pasti langsung menghubungkan dengan verb to comprehend, dan memang artinya kurang lebih sama yaitu bahasa dan memahami.   
Soo, ternyata bahasa inggris dan bahasa prancis itu deket banget, vocabulary dalam bahasa inggris sedikit banyak mirip dengan bahasa prancis dan belajar bahasa prancis dapat menyegarkan ingatan-ingatansekaligus menambah vocabulary bahasa inggris kita.

4.  Bahasa budaya, cinta, dan nalar

Belajar Bahasa Prancis, pertama-tama merupakan kesenangan untuk mempelajari bahasa yang indah, kaya dan berirama dan sering disebut bahasa cinta. Bahasa Prancis juga merupakan bahasa analitik yang dapat menyusun pola pikir dan mengembangkan nalar kritis  yang dibutuhkan pada saat diskusi ataupun bernegosiasi

Apa yang pertama kali teman-teman pikirkan ketika mendengar kata Prancis? budaya, anggur, fashion, mode, menara eiffel, romantis, dan masih banyak lainnya. Bisa disimpulkan Prancis memiliki segudang keindahan dan romantika yang tercermin dalam bahasanya. Bahasa prancis terdengar (paling tidak untuk saya) sangat indah dan berirama dan menarik untuk dipelajari.
     5.  Bahasa untuk pendidikan

Berbahasa Prancis terutama memungkinkan untuk melanjutkan studi di Prancis baik di Universitas-universitas yang mempunyai reputasi atau di Sekolah-sekolah Tinggi Bisnis maupun Teknik, yang termasuk Sekolah-sekolah Tinggi terbaik di Eropa dan bahkan di dunia

 Selain Prancis, benua Eropa sendiri sudah menjadi tempat favorit untuk melanjutkan pendidikan untuk gelar S2 dan S3. Banyak dari mahasiswa indonesia yang menjadikan benua Eropa sebagai tempat tujuan mereka melanjutkan S2. Salah satu keunggulan sistem pendidikan di Eropa adalah pengawasan kualitas pendidikan yang sangat ketat dari pemerintah, dan untuk beberapa negara seperti Jerman , kualitas dari seluruh bidang studi dan universitas yang ada merata dan terakreditasi sangat baik.

Hal-hal di atas tentunya belum mencakup semua keuntungan mempelajari bahasa prancis, ada keuntungan-keuntungan yang mungkin saja tidak kita sadari seperti menambah wawasan kita tentang budaya-budaya baru, berkenalan dengan orang-orang baru sekaligus memperluas jaringan kerja, melatih otak kita untuk fasih membedakan dua atau lebih bahasa, dan masih banyak lainnya.

Bagi teman-teman sekalian yang masih ragu untuk belajar bahasa asing, percaya aja kalau belajar bahasa asing itu gak ada ruginya, malah menurut saya itu merupakan suatu bentuk investasi untuk masa depan. Belajarnya sendiri juga harus niat, jangan malas dan jangan ragu-ragu untuk bertanya , dan yang paling penting jangan takut untuk salah . bahasa asing selain bahasa inggris memang kadang-kadang tidak terduga cara pengucapannya sehingga harus membutuhkan banyak latihan. Wkwk postingan kali ini sekaligus memotivasi saya untuk terus dan terus belajar ( ´ ` ). keep chasing your own dreams and ..


terimakasih sudah membaca ! ( ´ ▽ ` )ノ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for comment !