Rabu, 11 Juli 2012

Note de vacances #1

pernah ngerasain hari yang bener-bener mellow dan gak tau gimana ngehibur diri?, seakan semuanya kompakan hari ini musuhin kamu. Yep saya pikir saya baru saja mengalami hari seperti itu. Tiba-tiba aja saya  teringat sama Nam di film A Little Crazy Thing Called Love, seinget saya ada scene ketika habis dia sempat broken heart gitu, dia melampiaskanya dengan belajar di rooftop. Dia belajar tapi sambil nangis, pertama nonton saya heran emangnya konsen gitu ya belajar sambil nangis? Kenapa gak diselesaiin dulu nangisnya?

Saya barusan mikir dan mungkin bisa dikatakan mengalami hal serupa, bukan maunya dia juga belajar sambil nangis. Dia HARUS belajar, karena Nam janji sama ayahnya untuk dapat peringkat satu dan melanjutkan studinya di Amerika menyusul ayahnya. Nam memang mengalami hal buruk tapi memangnya dunia ini mau peduli apa sama kesusahan kita? Memangnya masalah selesai kalau nangis berlarut-larut dan terus menyesali keputusan yang sudah diambil? le monde est en train de changer, vous avez peur du futur ou êtes-vous optimiste ?

Lebih tepatnya lagi, Nam gak punya waktu untuk menangis, bahkan untuk menyesal. Daripada menangis dan meratapi nasib, mending melakukan hal lain yang leih berguna, kalau Nam karena dia siswa SMA kelas 3 dia harus belajar keras untuk lulus dan mendapatkan universitas yang baik.
Kalau saya, saya gak boleh terus down dan HARUS terus belajar. Minggu ini mungkin bisa disebut minggu-minggu “jenuh” akan rutinitas dan gak bisa dipungkiri homesick adalah penyakit umum anak rantauan. Tapi saya harus bertahan, saya harus kuat dan harus bisa beradaptasi. apalagi kewajiban saya gak cuma di satu tempat.

Saya gak bilang gaboleh nangis, nangis boleh-boleh aja sekedar untuk melepas beban dan mengekspresikan kesedihan tapi juga jangan berlarut-larut. Masalah gak akan selesai  begitu aja dengan nangis, hadapi masalah tersebut dan selesaikan kalau bisa langsung . Jangan lupa kita juga punya teman untuk berbagi cerita dan minta saran. Saya jadi ingat teman saya, Latin, sewaktu kumpul angkatan calon-keamanan OSKM 2012, dia bilang “ Kalau kalian semua ngerasa capek, ingatlah kalau ada 291 orang lainya yang juga merasakan capek yang sama dengan yang kalian rasakan saat ini. Ingat kalau kalian itu nggak sendiri .. “

Je vous remerci, Latin. Mungkin kamu gak tahu kalo kata-kata kamu dulu itu jadi penyemangat buat aku sekarang. Roda emang berputar tapi gak selamanya di bawah. Mungkin juga saat ini aku terlalu konsen ama yang ak gak dapet saat ini. Waktu buat santai sama keluarga, libur, tidur gak ada apa-apanya dibandingkan ilmu-ilmu baru yang saya dapat dan teman-teman baru seperti keluarga di diklat terpusat, diklat divisi juga temen-temen di IFI Bandung. Semangat jem ayo semangat jalan masih panjang! AMAN AMAN AMIIN !


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for comment !