Kamis, 25 Desember 2014

Mon Attestation de reussite de Delf B1 !

Pagi itu 15 Desember 2014  badan sebenernya rada remuk gara gara begadang, karena sebuah mata kuliah 2 sks pengantar TA bernama Metode Penelitian. Tapi saya bener bener menanti itu tanggal hehe, ceritanya pada tanggal 15 Desember itu merupakan hari pengumuman DELF yang saya ambil November lalu. Dari jam 7 sebenernya udah mantengin laptop kan tapi niatannya buat belajar Rangkot yang uts hari selasa besok, terus i stumbled upon my sticky notes. Pengumuman DELF ! Searching ke sana sini dan buka email yang di refresh tiap 5 menit sekali .... sampai jam 8 ga menemukan hasil berarti.

Sampai saya buka twitter IFI Bandung dan ngelihat tweet yang belum sampai 4 menit bertengger di dunia maya. Tweet yang berisi link buat ngelihat daftar peserta yang lulus DELF sesi November bulan lalu ! Gapake lama, saya klik link tersebut dan menanti dengan harap harap cemas. Mupeng banget deh mungkin kalo sempat ngaca waktu ituuu, dan untuk pertama kalinya saya nyesel kenapa internet kosan saya cepet sih. Udah kebuka tapi tetep saya gaberani ngebaca halamannya. Terus nge line grup yang isinya geng temen sekampus. Gatahu kenapa tapi rasanya pengen berbagi kegelisahan ini hahaha apaan sih jem. Setelah menghela nafas yang cukup lama saya memberanikan diri buat nyari nama saya .. urutannya daftar peserta A1 junior, A2 junior,  terus B1 junior ... lah loh ? kok ga ada nama sayaa ? yang ada cuma si Gomez Gonzalez ?
Oiya itu baru daftar buat peserta yang junior ...

Terus udah makin deg degan aja waktu ngescroll ke bawah , A1 TP, A2 TP, B1 TP, uuuuh mana nama saya yaah mana lupa lagi nomor ujiannya berapa karena saking deg degannya yaudah deh liat liat yang lulus B2 dulu, haha terus balik lagi ke B1 dan cari abjad H.. H... Hilda Nurmoharoni.. terus saya ngelihat ada nama saya ! Hafshah Najma Ashrawi ! uhakhakhak !
Alhamdulillah segala puji bagi Tuhan .. rasanya seketika pengen sujud terus joged tapi kamar kosan penuh dengan kertas-kertas hasil begadang proposal final metlit malem sebelumnya. Buat sementara ini aman deh rasa penasarannya karena paling ga kepastian udah lulus atau belum udah taauuu, tapi tetep aja pengen tau hasilnya kaya gimana. Ohya sebelum itu juga saya ngucapin selamat ke salah satu temen seperjuangan DELF B1, zefa sama kaka kelas di mete ITB sesama asisten kebijakan iklim yang lulus DELF B2, keren ga tuh doi nyambi ngebut intensif B1 sampe B2 sambil ngerjain TA sambil nge BP di himpunan dan sambil ngasisten ckck, namanya Kak Maria.

Akhirnya saya langsung siap siap buat ke IFI karena pengen ambil attestation-nya. sekitar jam 10 saya sempatin ke IFI sebelum berangkat ke kampus . Begitu parkir motor di IFI, ternyata barengan datangnya sama kak Maria ! kita berdua langsung aja menghambur ke bagian pedagogique , bener aja sih datang jam segitu ke IFI tuh bisa dibilang kepagian. Teh Acinya aja baru mau masang pengumuman lulus apa gak nya (ya yang udah saya lihat di web sebelumnya) dan dia ngasih tau saya kalo attestationnya kayaknya baru nyampe hari Rabu besoknya.. mmmmpht tumben. Terus ngobrol ngobrol bentar sama teh aci soal kenaikan harga dan soal intensif B2 yang dibuka mulai Januari 2015 (hiks..tempting banget). Terus ,, karena ngobrolnya di pedagogique ternyata Monsieur Reza baru buka kiriman yang isinya attestation, buat semua level ! .. Kak Maria dan temennya langsung ambil punya mereka dan setelah ngobrol ngobrol sama Teh Aci saya nanyain attestation saya, tanda tangan bentar dan ... voila itu kertas udah di tangan saya

Astagah nilainya !!!

Hahaha sejujurnya saya ngerasa sedikit kecewa sama bagian comprehension oralnya. Eugh soalnya perasaan waktu DELF A2 dulu nilai comprehension oral aku tertinggi kedua setelah production ecrit. Tapi paling ga saya lulus dengan nilai yang ga mepet mepeet banget  walau gabisa dibilang bagus banget. Jadi intinya kan DELF itu dibagi 4 sama sih kayak bahasa inggris production ecrit (bikin tulisan alias writing, kalau untuk B1 minimal 160-180 ga ada maksimal), comprehension ecrit (mungkin bisa dibilang reading, pemahaman tentang literatur dan publikasi tertulis kalo untuk B1 biasanya artikel sehari-hari dan publikasi iklan singkat), comprehension oral (listening, ada tiga bagian dan makin ke belakang makin kedengeran kaya orang kumur-kumur), dan yang terakhir yang bener bener bikin perut mules itu production oral (speaking, dibagi jadi tiga bagian yang pertama presentasi diri sendiri dan wawancara singkat, kedua kita main drama dan saya kebagian jadi mahasiswa erasmus mundus yang ngebujuk cem perkumpulan mahasiswa di sana buat bikin pesta penyambutan, dan yang terakhir adalah diskusi tentang topik dari artikel berita).

Kalau dirunut dari nilai yang paling tinggi , nilai saya itu gini à production ecrite, comprehension ecrite, production oral, dan comprehension oral ! hakhak coba jadi saya susah gt ya buat dengerin orang prancis ngomong ? :”c ... ya maaf atuh orang pas tes audionya aja sember dan ngomongnya sumpah cepet bangeeet.. ga kebayang gimana kalo B2 (katanya kalo B2 itu tes listeningnya sengaja dikasi gangguan waktu percakapannya jadi misalnya percakapan orang telepon di belakangnya ada suara truk tronton klakson gt euh gandeng banget alesannya sih ngetes konsentrasi sama kebiasaan kita dengerin percakapan bahasa prancis). Wkwkwkw tapi saya bersyukur banget bisa lulus DELF B1 dengan  nilai segitu, di tengah kesibukan semester 7 yang adalah studio terakhir dan puncak dari mata kuliah mata kuliah suka ngibul, alias tulisannya 2 sks tapi demand nya 8 sks.


Apapun itu, saya bersyukur banget bisa lulus haha dan sebenarnya sangat berharap bisa lanjut B2, wkwk walaupun rasanya gabisa dalam waktu dekat ini atau awal tahun 2015 ini. Dari sini juga sebenernya makin banyak yang bisa dipelajari kayak cara-cara belajar yang efektif buat DELF (iya.. saya emang ga imbang belajarnya kebanyakan nulis daripada omong) dan bagi waktu sama prioritas lebih bijak lagi.

Semoga akan ada jalan untuk berjumpa denganmu, DELF B2 :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Thanks for comment !