Sabtu, 14 Maret 2015

Out of My League but still..

Hi there !

akhirnya punya kesempatan buat nulis di blog ini lagi. Terakhir nulis januari berarti bisa dibilang Februari skip banget buat nulis nulis. kenapa kenapa ? bukannya mau excuse, jadi selama dua bulan terakhir ini saya lagi konsen ngurus TA dan apply buat master di salah satu universitas di Eropa. iya nekat ga sih ? mending ngurusin TA aja dulu dan apply apply nya nanti setelah lulus..


Memang udah lama banget saya pengen apply universitas ini. Toh deadlinenya setiap maret tiap tahun dan berarti saya bisa nunggu setelah lulus buat bisa apply ini dengan ijazah. Tapi ternyata kemarin waktu email sama representative univ nya dia bilang bisa aja pakai transkrip. Kemudian insting saya mengatakan saya harus mengejar ini (gatau saya emang orangnya lebih percaya intuisi kadang haha). Deadline international graduate admussion intake-nya 20 Maret 2015, ketika saya memutuskan untuk mengejar apply ini awal Januari kemarin. Waktu itu saya belum punya IELTS, jadi paling lambat banget akhir februari saya udah harus IELTS (kan hasil IELTS baru keluar dua minggu setelah tes) jadilah saya menghitung-hitung uang tabungan saya. Kira-kira cukup ga buat bayar tes IELTS dan uang pendaftaran buat apply universitas ini.

Yah bisalah..tapi ya gantinya alokasi dana buat ganti gadget jadi harus dialihin buat ini semua :""). bisa dibilang jumlahnya ga sedikit jadi saya harus berjuang mati matian buat apply ini, gapake excuse. awal masuk kuliah saya daftar IELTS di IDP Bandung , menurut kurs dollar yang ada saya harus bayar 2.460.000 rupiah (sekitar 195 USD) dan saya ambil tanggal 28 Februari. Iya, itu tanggal paling mepet dengan tanggal aplikasi saya tapi saya pikir cukup lah buat persiapan, saya juga ga berani ambil tanggal lebih cepet dari itu karena target saya Februari beres Bab II TA saya juga beres. setelah merogoh kocek cukup dalam dan belajar belajar sendiri, saya jadi banyak cerita sama temen saya, Nabila yang ambil IELTS tanggal 7 Februari. Nabila ambil les persiapan IELTS intensif di IDP sekiar 10 hari sebelum tanggal tes. Jujuuur itu buat saya keder banget , awalnya saya mau belajar sendiri sambil menghemat tabungan, tapi makin dipikir saya makin gak pede kalo ga ambil persiapan apa-apa.

Tapi saya gamau ambil persiapan yang bareng-bareng, akhirnya saya cari guru les privat buat intensif IELTS, dari temen saya sesama asisten saya dapetin nomor seorang tutor IELTS. Hhh.. harganya cukup mahal, sekitar 250rb sekali pertemuan, setiap harinya tiga jam ditambah tempat lesnya yang bener bener jauh dari kosan saya, di Jalan Sudirman deket pasir kaliki. Tapi, dia bener-bener fokus ke kita mantau perkembangan kita dari hari ke hari. Mulai dari listening , writing, sama speaking. Kalau reading dan listening kita setiap hari dikasi homework yang harus dikumpulin dan dipantau lagi perkembangannya.

Saya les sama Cici Memey (iya dipanggilnya sama murid yang lain cici terus saya jadi ikut ikutan deh) selama tiga minggu, sekitar enam kali pertemuan. Sebenernya bisa lebih, tapi saya juga harus membagi pikiran saya dengan TA saya dan saya juga gamau ninggalin bimbingan begitu saja, apalagi saya baru bisa survey kalau bab II saya sudah fix oleh dosen pembimbing saya.  Wkwk, kalau diinget inget lagi perjuangan les sambil nyusun TA sambil kuliah (sambil bantuin event akbar himpunan saya) jungkir balik juga. Saya masih inget pulang les hari kamis, saya lagi puasa.. tapi di situ daerah pecinan .. dan semua warung yang saya datangi saya tanya gak halal , pakai minya babi lah. Sedih banget haha. Mana ujan ujan gabisa pulang dan ga ada masjid di sekitar situ (saya pernah numpang solat ashar di pesantren tapi jalan rada jauh dari tempat les). Akhirnya setelah beli es krim saya buru buru pulang nembus ujan gerimis buat balik ke kosan.



Seminggu sebelum IELTS. Saya stop belajar kuliah dan nyusun skripsi, fokus ke IELTS (walaupun saya masih inget banget seninnya bimbingan dan banyak revisi bab II). Saya kedapetan jumat speakingnya dan sisanya (listening,writing, reading) hari sabtu. Alhasil, saya hari selasa rabu fokus belajar speaking. Saya juga bener -bener berusaha memperbaikin listening saya, diantara yang lain saya rasa listening saya paling jelek, bahkan suatu saat waktu les listening saya pernah dapet 4,5 ! udah capek banget kayaknya saya juga lupa. kayaknya efek habis bimbingan haha..saya takut banget dan sempat down.. gimana kalau listening saya ga naik naik nih.. sekitaran 5,5 dan 6,0 teruus waktu les dan biasanya kan kalau ujian itu ada atmosfer yang bikin stress sendiri. Biasanya bagus di kelas tapi jatoh waktu ujian kan banyak.. apalagi ini tes IELTS pertama saya. akhirnya saya fokusin belajar ke listening dan reading, speaking tiap malem bareng sama writing. Tapi kalau di les-lesan saya fokusin di listening,writing , dan speaking. Ohiya waktu waktu ini juga saya pakai buat permohonan surat rekomendasi ke sana-sini. Total saya meminta tolong empat orang untuk surat rekomendasi saya dua dosen, satu pembimbing kerja praktek, dan satu lagi bos saya di tempat kerja kantor berita ITB.

Hari ujian IELTS yang memang selalu hari Sabtu, malam sebelumnya saya nervous bangeet. Guru les saya bilang "udah jalan jalan di PVJ aja jangan belajar", tapi saya gabisa kaya gitu orangnya hiks, saya tetep belajar walaupun dengan porsi ga sebanyak hari-hari sebelumnya. Ujian hari itu, listeningnya susaah terutama section 4 sama section 3. Cukup bikin down karena listening itu ditaruh di awal banget .. reading dan writing saya kerjain dan saya ngerasa udah put my best effort. Sekitar jam 1 selesai test, saya makan dan pulaaang. Bahagia rasanya ..salah satu resolusi saya tercapai (paling ga IELTS udah meskipun applynya belum dan belum keterima)

Minggunya saya nyicil lagi TA saya, sampai malam senin saya begadang sampai jam 2. Itu sih ogeb-nya. Besok seninnya habis kuliah saya makan sama temen-temen saya di gelap nyawang depan ITB. kwkwk emang itu tempat udah terkenal ga bersihnya.. beranjak siang saya ngerasa pusiiiing banget dan mual terus. Saya buru-buru pulang habis dari perpus. Bener aja, saya makan ga bersih di saat kondisi saya lagi down banget. Dari senin siang sampai selasa besok paginya saya demam dan mual, Malamnya saya selalu kebangun setiap jam karena pusing dan panas. setelah tes darah saya positif thypus. Jackpot banget ga sih ?!? saya bedrest selama seminggu dan gabisa nyentuh laptop buat apa -apa.... saya gabisa ngurusin recommendation letter dan nyicil TA saya di saat temen-temen udah ada yang pada surveey. Sedih .. tapi saya harus cepet cepet sehat. Saya sebenernya gasuka bubur, tapi saya makan bubur selama 4 hari dan bertekad gamau nyisain. Apalagi... senin lusa itu udah UTS ! mana mata kuliah ini diampu sama dosen pembimbing sendiri lagi... gamau nyusul nyusul, gamau nyusahin orang. Gabisa nggak ini bedrest harus bener-bener bedrest, padahal dalam hati rasanya remuk berasa useless dan nyesel gabisa jaga kesehatan,

Akhirnya saya ujian hari senin ! saya juga udah ngerasa baikan. semingguan itu saya menebus dosa...urus surat sana sini, urus surat ke penerjemah tersumpah juga, benerin revisi ... dan sampailah pada Jumat 13 Maret ! pengumuman hasil IELTS ! dengan harap harap cemas saya buka isinya dan Alhamdulillah overall band score 7 :"""D  dan ga ada nilai di bawah 6 :"""D . Pagi itu hari jumat juga salah satu reference saya, bos saya di USDI udah kirim recommendation letter ke pihak universitas ..Sebenernya saya tinggal scan hasil IELTS , upload cv dan menunggu reference letter lain di kirim, survey bank mana yang biaya international transfernya paling murah, dan bayar 95 euro lewat transfer bank. Hanya itu sebenernya, tapi rasanya ....




Tapi entah mengapa beberapa hari ini saya jadi cemas dan bener bener takut ini semua percuma.
Saya tahu deep down kalau universitas yang saya tuju ini out of my league
Entah kenapa saya merasa takut gagal
Iya, payah yah ? saya ngerasa kayaknya apa yang saya kerjain bertahun-tahun mulai dari les prancis sampai ambil DELF bahkan ga cukup untuk menaklukkan kerasnya persaingan memperebutkan kursi di universitas tersebut..
mungkin ini titik yang bisa dibilang titik pasrah :"
Apapun itu saya tetep percaya yang sudah ditentukan oleh yang di atas tentu lebih sempurna dari apa yang kita bayangkan .
Apapun hasilnya nanti, semoga diberikan yang terbaik :")


1 komentar:

  1. Mbak Najma, Mohon diinfokan no telpon / hp Cici Memey ini (kirim ke syaefuddin@gmail.com)? saya sedang mempersiapkan IELTS untuk melanjutkan kuliah saya. Terimakasih

    BalasHapus

Thanks for comment !